MENINGKATKAN KONEKSI PEMBELAJAR MATEMATIKA SISWA
![]() |
Matematika Itu Mudah |
Koneksi matematika merupakan salah satu
kemampuan dan cara berpikir yang menjadi tujuan pembelajaran matematika.
Koneksi matematika terjadi antara matematika dengan matematika itu sendiri atau
antara matematika dengan di luar matematika dan antara matematika dengan
kehidupan sehari-hari. Dengan kemampuan koneksi matematika, selain memahami
manfaat matematika, siswa mampu memandang bahwa topik-topik matematika saling
berkaitan.
Untuk
meningkatkan koneksi pembelajaran matemtika ada beberapa pendapat mengemukkan
Menurut NCTM (National Council of Teacher of Mathematics) (2000: 64),
indikator untuk kemampuan koneksi matematika yaitu:
1.
Mengenali dan memanfaatkan hubungan-hubungan antara
gagasan dalam matematika. Dalam hal ini, koneksi dapat membantu siswa untuk
memanfaatkan konsep-konsep yang telah mereka pelajari dengan konteks baru yang
akan dipelajari oleh siswa dengan cara menghubungkan satu konsep dengan konsep
lainnya sehingga siswa dapat mengingat kembali tentang konsep sebelumnya yang
telah siswa pelajari, dan siswa dapat memandang gagasan-gagasan baru tersebut
sebagai perluasan dari konsep matematika yang sudah dipelajari sebelumnya.
Siswa mengenali gagasan dengan meuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan
dalam menjawab soal dan siswa memanfaatkan gagasan dengan menuliskan
gagasan-gagasan tersebut untuk membuat model matematika yang digunakan dalam
menjawab soal.
2.
Memahami bagaimana gagasan-gagasan dalam matematika
saling berhubungan dan mendasari satu sama lain untuk menghasilkan suatu
keutuhan koheren. Pada tahap ini siswa mampu melihat struktur matematika yang
sama dalam setting yang berbeda, sehingga terjadi peningkatan pemahaman
tentang hubungan antar satu konsep dengan konsep lainnya.
3.
Mengenali dan menerapkan matematika dalam
konteks-konteks di luar matematika. Konteks-konteks eksternal matematika pada
tahap ini berkaitan dengan hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari,
sehingga siswa mampu mengkoneksikan antara kejadian yang ada pada kehidupan
sehari-hari (dunia nyata) ke dalam model matematika.
Cara yang bisa
digunakan untuk meningkatkan pembelajaran matemtika yaitu :
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan kendala dalam belajar matematika,
dapat dilakukan secara face-to-face atau melalui secarik kertas. Biarkan siswa
menuliskan semua kendala yang membuat mereka enggan atau malas belajar
matematika.
·
Memberikan
pengalaman belajar matematika yang menyenangkan, Selain dapat membuat siswa
menjadi lebih enjoy dalam belajar, situasi belajar yang menyenangkan juga dapat
meninggalkan kesan yang baik bagi siswa. Dengan terus menerus memberikan
pengalaman yang menyenangkan, siswa menjadi lebih tertarik saat menyambut
pelajaran matematika. Biarkan matematika menjadi candu bagi mereka.
·
Menjelaskan
kepada siswa manfaat belajar matematika, Berikan
penjelasan yang sesuai dengan materi, terutama mengenai aplikasi matematika
dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai siswa merasa pelajaran matematika
itu hanya sebatas teori angka atau sekedar menghafal rumus kemudian mencari
solusinya.
Maka dari itu kita akan melihat siswa yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar
matematika.
1.
Siswa akan terdorong
mengemukakan ide-idenya, merasa bangga dan senang karena menggunakan denya
sendiri.
2.
Siswa akan merasa senang
belajar matematika melalui diskusi dengan teman-temannya.
3.
Siswa akan berpendapat
banwa ada kaitan matematika dengan lingkungan sekitar mereka.
4.
Siswa akan berpendapat
bahwa pengetahuan matematika dapat diperoleh dengan mengembangkan idenya
sendiri.
5.
Siswa akan berpendapat
bahwa pembelajaran matematika yang interaktif antara siswa dengan siswa dan
siswa dengan guru dapat menambah pengetahuan mereka
Komentar
Posting Komentar