Buat Siswa agar tidak malas di kelas
Permasalahan
klasik yang dihadapi guru yang akan mengajar matematika di sekolah adalah
anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang paling sulit. Berawal dari
anggapan ini, banyak siswa yang bosan dalam mengikuti mata pelajaran
matematika. Selain bosan dalam kelas, semangat belajar matematika menjadi
kendor dan hasil belajar siswa tidak sesuai yang diharapkan guru maupun
orangtua. Guru manakah yang tidak ingin kalau siswa didikannya memperoleh
prestasi, apalagi sekelas olimpiade.
Agar
siswa tidak bosan dalam kelas, tentunya guru harus berusaha agar para siswanya
meninggalkan rote learning (belajar menghafal) dan membelajarkan
matematika yang bertujuan agar siswa dapat belajar bermakna (meaningfull
learning). Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan guru dalam
membelajarkan matematika agar siswa tidak bosan untuk belajar matematika dikelas,yaitu:
1.
Manfaatkan Permainan-Permainan Matematika online
atau Lakukan permainan-permainan tradisional yang memiliki fenomena matematis
tertentu.
2.
Memberikan kesempatan pada anak-Anak menyelesaikan
masalah dengan Aktivitas Pemodelan Sendiri.
3.
Bermain Permainan Tradisional di luar kelas pada
seting yang alami namun bertujuan untuk belajar suatu konsep matematika.
4.
Memberikan Reward Sederhana Kepada siswa yang sukses
menyelesaikan tugas tertentu.
5.
Menggunakan Masalah Kontekstual dengan Kehidupan
Siswa.
Jika
guru dapat melaksanakan lima hal di atas, niscaya guru akan merasa nyaman dalam
membelajarkan matematika. Guru nyaman membelajarkan, siswa lebih nyaman dalam
belajar. Ketika siswa merasa nyaman dalam belajar, maka siswa akan selalu
menantikan mata pelajaran matematika. Menyuguhkan
sesuatu
yang istimewa dibeberapa menit terakhir dari jam pelajaran matematika dapat
membuat murid menyesali mengapa pelajaran matematika cepat berakhir.
Situasi
yang langka dalam pembelejaran matematika dikelas, sebab rata – rata siswa akan
sering menanyakan kapan pelajaran matematika akan selesai. Diharapkan
guru meninggalkan kelas dengan kondisi sikap siswa yang memperbincangkan
sesuatu yang menyenangkan yang telah terjadi pada pelajaran matematika yang
baru saja diikuti. Ini akan menjadi modal penting bagi kesuksesan belajar
matematika di setiap topik pembelajaran. Disinilah kreatifitas tanpa henti
seorang guru diuji. Dan itu sangat tidak mudah karena kreatifitas membutuhkan
proporsi waktu. Yaitu waktu yang didapatkan guru diluar rutinitas – rutinitas
harian yang membebani seorang guru.
Komentar
Posting Komentar