Buat Siswa agar tidak malas di kelas

Permasalahan klasik yang dihadapi guru yang akan mengajar matematika di sekolah adalah anggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang paling sulit. Berawal dari anggapan ini, banyak siswa yang bosan dalam mengikuti mata pelajaran matematika. Selain bosan dalam kelas, semangat belajar matematika menjadi kendor dan hasil belajar siswa tidak sesuai yang diharapkan guru maupun orangtua. Guru manakah yang tidak ingin kalau siswa didikannya memperoleh prestasi, apalagi sekelas olimpiade.

Agar siswa tidak bosan dalam kelas, tentunya guru harus berusaha agar para siswanya meninggalkan rote learning (belajar menghafal) dan membelajarkan matematika yang bertujuan agar siswa dapat belajar bermakna (meaningfull learning). Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan guru dalam membelajarkan matematika agar siswa tidak bosan untuk belajar matematika dikelas,yaitu:
1.        Manfaatkan Permainan-Permainan Matematika online atau Lakukan permainan-permainan tradisional yang memiliki fenomena matematis tertentu.
2.        Memberikan kesempatan pada anak-Anak menyelesaikan masalah dengan Aktivitas Pemodelan Sendiri. 
3.        Bermain Permainan Tradisional di luar kelas pada seting yang alami namun bertujuan untuk belajar suatu konsep matematika.
4.        Memberikan Reward Sederhana Kepada siswa yang sukses menyelesaikan tugas tertentu.
5.        Menggunakan Masalah Kontekstual dengan Kehidupan Siswa. 
Jika guru dapat melaksanakan lima hal di atas, niscaya guru akan merasa nyaman dalam membelajarkan matematika. Guru nyaman membelajarkan, siswa lebih nyaman dalam belajar. Ketika siswa merasa nyaman dalam belajar, maka siswa akan selalu menantikan mata pelajaran matematika. Menyuguhkan sesuatu yang istimewa dibeberapa menit terakhir dari jam pelajaran matematika dapat membuat murid menyesali mengapa pelajaran matematika cepat berakhir.
Situasi yang langka dalam pembelejaran matematika dikelas, sebab rata – rata siswa akan sering menanyakan kapan pelajaran matematika akan selesai. Diharapkan guru meninggalkan kelas dengan kondisi sikap siswa yang memperbincangkan sesuatu yang menyenangkan yang telah terjadi pada pelajaran matematika yang baru saja diikuti. Ini akan menjadi modal penting bagi kesuksesan belajar matematika di setiap topik pembelajaran. Disinilah kreatifitas tanpa henti seorang guru diuji. Dan itu sangat tidak mudah karena kreatifitas membutuhkan proporsi waktu. Yaitu waktu yang didapatkan guru diluar rutinitas – rutinitas harian yang membebani seorang guru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah

Persamaan Kuadrat

CARA ASYIK BELAJAR DAN MEMAHAMI MATEMATIKA